Jumat, 02 Oktober 2015

TUGAS_1SS_PENGANTAR BISNIS

Konsep Tata Letak Indomaret

Gambar 1 Gerai Indomaret di wilayah
Total persada raya, tangerang

Berdasarkan hasil pengamatan, salah satu gerai Indomaret yang terletak dicwilayah Total persada raya menggunakan konsep strategi tata letak dengan :
a. Menggunakan jenis tata letak Toko Eceran merupakan pendekatan yang menggunakan aliran, mengalokasikan ruang, dan menanggapi perlaku pelanggan.
v Menempatkan rak-rak dan merespons perilaku pelanggan
v Tata letak toko berasumsi bahwa penjualan dan keuntungan tergantung dari produk yang dapat menarik perhatian pelanggan

v Jadi manajer operasi toko eceran mencoba memperlihatkan produk-produk mereka kepada pelanggan sebanyak mungkin .

b. Menggunakan konsep tata letak dengan tipe Tata letak ritel dengan menempatkan rak-rak dan memberikan tanggapan atas perilaku pelanggan.

Ruangan tata letak toko/gerai
Indomaret

Keterangan:
1. Pintu
2. Kasir
3. Rak obat-obatan
4. Kebutuhan bayi
(pampers dan tisu)
5. Pintu gudang
6. Susu (produk susu
bubuk/ kotak dan kaleng)
7. Minuman dingin
(dengan aneka rasa)
8. Minuman dingin
(berbagai rasa dalam
kemasan kotak
9. Minuman dingin (air
botol dalam kemasan)
10.Rak dingin khusus buah-
buahan
11.ATM BNI
12. Rak snack
13.Rak biscuit dan roti
14.Rak kebutuhan dapur
(beras & berbagai bumbu
masak)
15.Kosmetik & perawatan
tubuh (handbody, sabun,
detergen & shampoo)
16.Tempat air mineral uk.
600 ml
17- 19. Es krim
20. anjungan isi ulang pulsa
listrik

. Strengths ( kekuatan )
·         Indomaret telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam persaingan nasional.
·         Investasi franchise Indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif,bila dibandingkan dengan Alfamart. Indomaret berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta,sedangkan Alfamart berkisar antara 300 juta sampai 400 juta.
·         Penempatan lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis.
·         Tingkat upah karyawan yang relatif rendah berkisar 600 ribu rupiah perbulan. Sehingga mampu menekan biaya operasional serendah mungkin.
·         Pertumbuhan frainchise Indomaret yang terbukti tinggi di setiap tahunnya. (2002= 192 gerai, 2003= 312 gerai, 2004= 408 gerai)
·         Indomaret adalah salah satu franchise yang bergerak dibidang ritail yang siap go Internasional.
·         Indomaret mampu menjual barang eceran dengan harga lebuh murah,karena Indomaret mengambil pasokan barang dari salah satu distributor terbesar produk kebutuhan sehari-hari yaitu Indomarco.
·         Indomaret merupakan pelopor waralaba bidang ritail di Indonesia. Indomaret mewaralabakan sejak tahun 1997.
2. Weaknesses ( kelemahan )
·         Franchise fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan Indomaret yaitu 75 juta rupiah per 5 tahun,sedangkan Alfamart 45 juta rupiah per 5 tahun.
·         Berbagai daerah kurang mengenal Indomaret,karena kurangmya promosi.
·         Break Event Points yang ditawarkan Indomaret 4 tahun,sedangkan Alfamart antara 3-4 tahun.
3. Opportunities ( peluang )
·         Masih terdapat beberapa daerah yang potensial namun belum dimasuki oleh Indomaret. Dengan waralaba Indomaret dapat lebih mudah melakukan eksploitasi ke daerah-daerah yang potensial tresebut.
·         Dengan adanya perdagangan bebas, maka peluang mengembangkan franchise akan semakin besar.
·         Perlunya promosi yang lebih gencar agar franchise Indomaret lebih dikenal dan laku di pasaran.
·         Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana di Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin tubuh subur 12,5 %.
·         Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih cepat dengan menggunakan modal seminimal mungkin.
4. Threats ( Ancaman )
·         Adanya franchisor lain yang terus mengikuti langkan Indomaret dalam mencari franchisee,yaitu Almafart.
·         Terdapat perusahaan franchise yang sejenis dengan harga jual franchise yang hampir sama. Seperti: investasi untuk Alfamart sebasar 300-400 juta. Investasi Indomaret berkisar 300-350 juta.
·         Adanya kemungkinan beberapa gerai milik franchise yang dapat menurunkan reputasi nama franchise akibat kegagalannya memenuhi baku standar tertentu yang kemudian melakukan komplain.
·         Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan yang dimiliki franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing franchisor.
·         Adanya franchise asing memasuki pangsa pasar indonesia ,maka secara tidak langsung akan memberikan dampak negatif terhadap perusahaan.
·         Timbul kekurang percayaan dari franchisee terhadap indomaret yang disebabkan franchisee tidak ikut campur dalam

Sumber artikel :
makalahdesi.blogspot.ca/2015/06/konsep-tata-letak.html?m=1
http://manajemen-strategi.blogspot.co.id/2011/02/strategi-inovasi-untuk-menghindari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar