Gambar 1 Gerai Indomaret di wilayah
Total persada raya, tangerang
Berdasarkan hasil pengamatan, salah satu gerai Indomaret yang terletak dicwilayah Total persada raya menggunakan konsep strategi tata letak dengan :
a. Menggunakan jenis tata letak Toko Eceran merupakan pendekatan yang menggunakan aliran, mengalokasikan ruang, dan menanggapi perlaku pelanggan.
v Menempatkan rak-rak dan merespons perilaku pelanggan
v Tata letak toko berasumsi bahwa penjualan dan keuntungan tergantung dari produk yang dapat menarik perhatian pelanggan
v Jadi manajer operasi toko eceran mencoba memperlihatkan produk-produk mereka kepada pelanggan sebanyak mungkin .
b. Menggunakan konsep tata letak dengan tipe Tata letak ritel dengan menempatkan rak-rak dan memberikan tanggapan atas perilaku pelanggan.
Ruangan tata letak toko/gerai
Indomaret
Keterangan:
1. Pintu
2. Kasir
3. Rak obat-obatan
4. Kebutuhan bayi
(pampers dan tisu)
5. Pintu gudang
6. Susu (produk susu
bubuk/ kotak dan kaleng)
7. Minuman dingin
(dengan aneka rasa)
8. Minuman dingin
(berbagai rasa dalam
kemasan kotak
9. Minuman dingin (air
botol dalam kemasan)
10.Rak dingin khusus buah-
buahan
11.ATM BNI
12. Rak snack
13.Rak biscuit dan roti
14.Rak kebutuhan dapur
(beras & berbagai bumbu
masak)
15.Kosmetik & perawatan
tubuh (handbody, sabun,
detergen & shampoo)
16.Tempat air mineral uk.
600 ml
17- 19. Es krim
20. anjungan isi ulang pulsa
listrik
. Strengths ( kekuatan )
· Indomaret
telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets
nasional dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam
persaingan nasional.
· Investasi
franchise Indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif,bila dibandingkan
dengan Alfamart. Indomaret berkisar antara 300 juta sampai dengan 350
juta,sedangkan Alfamart berkisar antara 300 juta sampai 400 juta.
· Penempatan lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis.
· Tingkat
upah karyawan yang relatif rendah berkisar 600 ribu rupiah perbulan.
Sehingga mampu menekan biaya operasional serendah mungkin.
· Pertumbuhan frainchise Indomaret yang terbukti tinggi di setiap tahunnya. (2002= 192 gerai, 2003= 312 gerai, 2004= 408 gerai)
· Indomaret adalah salah satu franchise yang bergerak dibidang ritail yang siap go Internasional.
· Indomaret
mampu menjual barang eceran dengan harga lebuh murah,karena Indomaret
mengambil pasokan barang dari salah satu distributor terbesar produk
kebutuhan sehari-hari yaitu Indomarco.
· Indomaret merupakan pelopor waralaba bidang ritail di Indonesia. Indomaret mewaralabakan sejak tahun 1997.
2. Weaknesses ( kelemahan )
· Franchise
fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan
Indomaret yaitu 75 juta rupiah per 5 tahun,sedangkan Alfamart 45 juta
rupiah per 5 tahun.
· Berbagai daerah kurang mengenal Indomaret,karena kurangmya promosi.
· Break Event Points yang ditawarkan Indomaret 4 tahun,sedangkan Alfamart antara 3-4 tahun.
3. Opportunities ( peluang )
· Masih
terdapat beberapa daerah yang potensial namun belum dimasuki oleh
Indomaret. Dengan waralaba Indomaret dapat lebih mudah melakukan
eksploitasi ke daerah-daerah yang potensial tresebut.
· Dengan adanya perdagangan bebas, maka peluang mengembangkan franchise akan semakin besar.
· Perlunya promosi yang lebih gencar agar franchise Indomaret lebih dikenal dan laku di pasaran.
· Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana di Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin tubuh subur 12,5 %.
· Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih cepat dengan menggunakan modal seminimal mungkin.
4. Threats ( Ancaman )
· Adanya franchisor lain yang terus mengikuti langkan Indomaret dalam mencari franchisee,yaitu Almafart.
· Terdapat
perusahaan franchise yang sejenis dengan harga jual franchise yang
hampir sama. Seperti: investasi untuk Alfamart sebasar 300-400 juta.
Investasi Indomaret berkisar 300-350 juta.
· Adanya
kemungkinan beberapa gerai milik franchise yang dapat menurunkan
reputasi nama franchise akibat kegagalannya memenuhi baku standar
tertentu yang kemudian melakukan komplain.
· Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan yang dimiliki franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing franchisor.
· Adanya
franchise asing memasuki pangsa pasar indonesia ,maka secara tidak
langsung akan memberikan dampak negatif terhadap perusahaan.
· Timbul kekurang percayaan dari franchisee terhadap indomaret yang disebabkan franchisee tidak ikut campur dalam
Sumber artikel :
makalahdesi.blogspot.ca/2015/06/konsep-tata-letak.html?m=1
http://manajemen-strategi.blogspot.co.id/2011/02/strategi-inovasi-untuk-menghindari.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar